Wednesday, January 9, 2008

Tahun Baru, Siapkan Rencana...


Selamat Tahun baru 1429 hijriah semuanya.......................

Rasanya senang sekali menyambut tahun baru ini, tahun baru Masehi, juga Hijriah. Kedatangan mereka menjadi sebuah momentum untuk kembali menyusun tekad dan jalan baru yang harus mulai kutempuh. Aku tak boleh sama seperti yang kemarin, aku harus lebih baik hari ini dan lebih baik lagi esok hari. Tuhan telah begitu baik dengan memberiku banyak kesempatan yang tak dimiliki oleh semua orang. Tentu saja aku tak boleh menyia-nyiakannya. Tak ada lagi waktu untuk aku bermain dan bermalas-malasan. Waktu tak dapat menunggu, apalagi kembali. Itu artinya aku juga tak boleh diam.

Ada agenda-agenda yang harus segera kulaksanakan. Di tahun ini, aku harus bisa menggapai semua yang telah aku rencanakan, tentunya dengan ridho Allah, Sang Pemberi inspirasi. Aku benar-benar ingin menempa kemampuanku, telah habis rasanya waktu untuk mempermainkan masa depan. Sekarang waktunya berpikir dan berbuat.

Tahun ini, di semester 6, aku harus berhasil mempertahankan proposal skripsiku, dan untuk seterusnya menyusun skripsi. Aku harus benar-benar melakukan penelitian dan membuatnya menjadi karya tulis terbaikku. Skripsi bukan hanya sebuah tulisan panjang sebagai syarat memperoleh gelar sarjana, tapi lebih dari itu. Untukku skripsi adalah tulisan dimana aku harus bisa berpikir, melihat, merasakan, mendengar fenomena sosial masyarakatku, untuk kemudian menemukan, menganalisa dan menuliskannya, lalu mempertahankannya sebagai suatu gejala yang memang patut untuk mendapatkan perhatian. Itu semua adalah langkahku untuk memahami realitas masyarakat di sekitarku.

Tahun ini, aku harus menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi. Aku harus mampu menulis tiap sudut yang terlupakan, kisah orang-orang kecil yang tak dianggap dan membuat orang sadar bahwa semua itu adalah pelajaran berharga. Aku harus berkarya, berkarya dan berkarya. Aku yakin aku bisa menemukan apa yang disebut dengan jalan takdir, dan aku akan menemukan takdirku.

Robb, beri aku kekuatan untuk menjadi apa yang aku inginkan, dan berikan aku kelembutan untuk selalu menyadari kekuranganku dan bersandar pada Mu. Tolong berikan aku semangat untuk mengejar mimpi-mimpiku, tapi beri juga aku kesadaran untuk memahami kehidupan. Biarkan aku terbang dan menjemput bintangku diangkasa, tapi tolong jangan membuatku lupa untuk kembali membumi. Terimakasih, Pelindungku.

No comments: