Saturday, March 17, 2007

Hari Ini..............

Hari ini sukses menyelesaikan buku “Jurnalisme Sastrawi”, setelah sekian hari tertunda, dan sekaligus menjadikan hari ini sebagai hari libur tugas yang indah. Lagi benar-benar gak pengen ngerjain tugas apapun setelah seminggu benar-benar capek dikerjain sama tugas kampus, maklum akhir semester. Sistem pendidikan’kan masih seperti yang dulu, giliran gak ada tugas, semua mata kuliah gak ada tugas, pas lagi waktunya ngasi tugas, semuanya ngasi tugas. Gak efektif sekali…..konsentrasi manusia bakal kepecah-pecah kalo kek gitu, dan yang pasti hasilnya gak optimal. Kapan majunya dong…..
Ada tugas bikin konsep ceramah, makalah dan laen-laen. Tapi yang paling menonjol, dan hampir bikin seisi kelas frustasi adalah tugas jurnalistik. Disuruh wawancara sama wartawan dan anggota DPRD. Praktis, semua kalang kabut, kebanyakan mikirnya susah ketemu sama anggota dewan. Eh.. ternyata ketemu wartawan jauh lebih sulit. Gila..yang namanya wartawan kalo udah jam kerja bakalan raib, kayak ditelan bumi. Ketemu sih mungkin dijalan, tapi gimana ngenalinnya ? gak ada tanda2nya. Beda sama anggota dewan……
Abis itu, banyak kawan-kawan yang udah ketemu wartwannya dan wawancara, eh malah dikerjain….. ada yang ngasih informasi asal, malah ada yang pake nama samaran. Kekekek ……. Pas ceritakan kembali didepan dosen, tuh Papah malah senyum-senyum, dia tahu kalo mahasiswanya dikerjain. Untung aku sama Nisa ketemu sama wartawan yang punya tanggung jawab atas generasi muda. Jangankan dikerjain, kita malah dibekali ilmu begitu keluar dari ruangannya. Itulah bedanya mahasiswa yang bernasib mujur dan mahasiswa yang bernasib apes.
Di rumah ada kabar baik. Si Cantik udah punya nama. Pasyha Janiar, namanya cantik kayak si Cantik. Si Baby satu lagi juga hampir lahir, tapi kayak biasa proses persalinan kakakku yang satu ini rada-rada angker. Sekarang aja udah dua kali ganti klinik. Mudah-mudahan dia dan bayinya baik-baik aja. Amin…..
Oya, aku sama Nisa dapet tawaran untuk ikut dalam rombongan peneliti dosen, tapi cuma salah satu dari kami. Sampe kemaren kami berdua blom memutuskan siapa yang akan pergi, karena kami sama-sama mau pergi. Kita sama-sama gak mau melewatkan kesempatan ini, tapi apa boleh buat yang pergi hanya salah satu antara kami. Nisa bilang kita akan pergi sama-sama, atau nggak ada yang pergi sama sekali. Yah.. aku pikir untuk sebuah kesetiakawanan itu keputusan terbaik, tapi ditinjau dari kesempatan kedepan itu merupakan keputusan yang terlalu tergesa-gesa. Kalau sampai itu kami lakukan, maka kedepannya kesempatan untuk ikut dalam penelitian bakalan sirna. Sedangkan mereka punya agenda penelitian yang gak sedikit. Itu artinya kesempatan emas bakalan kami lewatkan begitu saja. Ya gak lah………….
Akhirnya setelah melewati beberapa jam berdebat dengan cewek keras kepala itu, aku berhasil meyakinkan kalau salah satu dari kami harus tetap pergi, dan orang itu adalah dia, Nisa. Tapi aku membebaninya dengan mengharuskan dia merekan dan menuliskan semua kejadian yang ketika aku membacanya bisa membuatku seolah-olah merasakan suasana yang sama. Ayolah teman…... Ingat… kita gak akan melewatkan kesempatan untuk menimba ilmu dan pengalaman seluas-luasnya kemudian berbagi dengan dunia lewat tulisan kita (hehehehehe dunia bo’, gak papa kali namanya juga cita-cita)
January 19, 2007 at 01:54 AM

No comments: